Home » , , » 7 Fakta Unik Seputar Kopi Yang Tidak Pernah Habis Diperdebatkan

7 Fakta Unik Seputar Kopi Yang Tidak Pernah Habis Diperdebatkan

7 Fakta Unik Seputar Kopi Yang Tidak Pernah Habis Diperdebatkan, Seputar Kopi, Yamada kopi
7 Fakta Unik Seputar Kopi Yang Tidak Pernah Habis Diperdebatkan, Seputar Kopi, Yamada kopi

7 Fakta Unik Seputar Kopi Yang Tidak Pernah Habis Diperdebatkan

Sebagai salah satu sumber daya alam, kopi memiliki segudang keunikan. Fakta unik seputar kopi pun tidak pernah habis untuk dibicarakan. Mulai dari fakta – fakta, kandungan gizi, manfaat dan bahaya, serta efek non medis bagi para penggemarnya.

Sebagian orang menganggap bahwa kopi adalah bagian dari gaya hidup. Mereka menilai status sosial orang lain hanya dari kopi apa yang diminum, dimana mereka minum dan berapa harga satu porsinya. Sebagian lagi memposisikan kopi sebagai bagian dari kebutuhan sehari – hari baik untuk dikonsumsi sendiri, maupun sebagai persediaan bila ada teman penggemar kopi dan kerabat datang.

Berikut Adalah 7 Fakta Unik Seputar Kopi Yang Tidak Pernah Habis Diperdebatkan

Pertama : Penemu Kopi Ternyata Bukan Manusia, Tapi Kambing

Menurut legenda yang beredar bahwa seorang penggembala dari negeri Etiopia mendadak takjub dengan gerombolan kambing gembalaannya. Kambing – kambing itu tiba – tiba menjadi lebih gesit dan agresif setelah makan biji-bijian yang akhirnya diketahui sebagai biji kopi.

Fakta pertama ini memang tidak bisa dibuktikan kebenarannya secara ilmiah. Namun, pesan yang ada benar benar mengandung sebuah kesimpulan bahwa ada zat tertentu dalam biji kopi yang mampu mempengaruhi tubuh menjadi lebih agresif.

Kedua : Pada Masa Awalnya Kopi Bukan Untuk Diminum, Tapi Untuk Dimakan

Fakta unik seputar kopi yang kedua bahwa pada awal diketemukannya kopi, buah ini bukan untuk dibuat minuman. Tapi untuk dimakan.

Inilah yang dilakukan sekelompok suku di pedalaman Afrika. Mereka makan biji kopi sebagai makanan ringan setelah sebelumnya dilumuri dengan minyak lemak. Ditemani dengan minuman anggur, mereka menamakan makanan ringan dari biji kopi tersebut dengan sebutan bola-bola energi dikarenakan efek yang ditimbulkan setelah makan makanan tersebut, mereka lebih bersemangat dan bertenaga.

Ketiga : Paling Populer Di Dunia

Minum adalah salah satu faktor yang berlangsungnya siklus makhluk hidup termasuk manusia dan merupakan kebutuhan paling primer. Yang paling banyak diminum pastinya adalah air. Tahukan kita, bahwa minuman berbahan tambahan kopi menempati urutan yang kedua setelah air putih biasa.

Menurut sebuah penelitian, dalam satu hari kopi yang diminum manusia sedunia mencapai lebih dari 1,4 milyar gelas. Dikarenakan hal ini, sudah barang tentu kopi menjadi barang yang paling banyak dipasarkan di dunia.

Keempat : Benarkah Kita Harus Minum Kopi Di Pagi Hari ?

Mitos ini sebenarnya tidak benar. Namun karena sudah terlanjur beredar, masyarakat akhirnya menjadikan hal ini menjadi sebuah tradisi. Mereka menganggap bahwa minum kopi di pagi hari adalah suatu keharusan agar aktifitas yang dilakukan setelahnya menjadi lebih semangat dan penuh konsentrasi. Tapi benarkah begitu ?

Fakta yang ada adalah ketika bahwa tubuh kita sebenarnya dikejutkan oleh suatu hormon yang membuat bangun pagi menjadi bersemangat. Namanya hormon kortisol. Namun hormon ini akan menurun dan semakin menurun setelah satu hingga dua jam kemudian yang berdampak pada menurunnya semangat tubuh kita.

Nah, pada situasi ini tubuh memerlukan zat atau sesuatu yang dapat membangkitkan gairah serta energi dan Kafein adalah salah satu diantaranya. Zat ini paling mudah ditemukan pada kopi.

Karena itu, minum kopi diyakini sebagai salah satu cara mendapatkan zat kafein untuk mengembalikan semangat dan energi tubuh yang sebelumnya telah menurun.

Namun sekali lagi, minum kopi bukanlah satu – satunya cara. Ada banyak cara lain yang lebih baik dari minum kopi, sebab walaupun minum kopi memiliki banyak manfaat, tetapi bahayanya juga tidak sedikit dan sangat perlu untuk dihindari. Kita dapat menggantinya dengan susu, yogurt, oatmeal, roti gandum, pisang, dan sebagainya.

Kelima : Langsung Terasa Khasiatnya

Mungkin kita cemas dan khawatir tidak segera mendapatkan zat kafein yang dibutuhkan padahal kopi sudah diminum. Sementara tubuh semakin lemas semakin lesu. Menurut berbagai sumber dan sudah dibuktikan banyak orang, khasiat minum kopi pada umumnya akan terasa setelah 5 – 10 menit. Dengan begitu, kita tidak perlu menjadwal untuk meminum kopi. Karena khasiat kopi langsung dapat dirasakan tidak lama setelah kita meminumnya.

Keenam : Sebagai Salah Satu Sumber Vitamin Dan Antioksidan

Sekalipun sudah masyhur memiliki dampak negatif bila dikonsumsi berlebihan, kopi tetap memiliki manfaat istimewa. Beberapa kandungan gizi yang terdapat pada kopi antara lain :

Potassium,
Niacin,
Magnesium,
Mangan,
Vitamin B2 atau Riboflavin, serta
Vitamin B5 atau asam pantetonat

Selain kandungan – kandungan di atas yang memang sangat dibutuhkan bagi tubuh manusia, kopi juga dapat berfungsi sebagai antioksidan yaitu melawan radikal bebas dan problem-problem kesehatan lain. Antioksidan pada kopi ini bisa kita dapatkan dengan syarat tanpa tambahan lain seperti susu, gula, dan lainnya.

Ketujuh : Kopi Mampu Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Bila kita termasuk orang yang malas untuk jogging atau sekedar olah raga angkat beban ringan, minum kopi dapat menjadi alternatif membakar kalori dalam tubuh. Ya, minum kopi memang dapat membantu peningkatan metabolisme sampai 10 persen.

Bagi para olahragawan dan pekerja berat, minum kopi dalam porsi standar juga dianjurkan karena zat kafein dalam kopi mampu membantu menciptakan energi lebih banyak sehingga aktifitas yang dilakukan menjadi lebih semangat.

Itulah beberapa ulasan fakta unik seputar kopi. Dengan mengetahuinya, kita dapat mengambil pilihan yang terbaik dalam mengkonsumsi minuman kopi. Apakah bermanfaat bagi kesehatan tubuh atau justru malah membahayakan. Diri kita sendiri yang menentukan.

Selamat Minum Kopi !

0 komentar:

Posting Komentar