Home » , , » Jangan Ngaku Pecinta Kopi, Kalau Belum Tahu 10 Fakta Unik Ini!

Jangan Ngaku Pecinta Kopi, Kalau Belum Tahu 10 Fakta Unik Ini!

Jangan Ngaku Pecinta Kopi, Kalau Belum Tahu 10 Fakta Unik Ini!, yamada kopi
Jangan Ngaku Pecinta Kopi, Kalau Belum Tahu 10 Fakta Unik Ini!, yamada kopi

angan Ngaku Pecinta Kopi, Kalau Belum Tahu 10 Fakta Unik Ini!

Tahu tidak, ternyata kopi tidak sekadar sebuah minuman berwarna hitam pekat yang diseduh dan dituang dalam sebuah cangkir. Di balik nikmatnya kopi, ada sejarah panjang dan cerita-cerita yang sebelumnya tidak kita ketahui.

Nah, jangan mengaku pecinta kopi jika kamu ternyata belum tahu fakta-fakta di bawah ini!

1. Arab ternyata adalah bangsa yang berjasa menyebar kopi hingga ke penjuru dunia.

Dulu, kopi hanya ada di Ethiopia. Di sana, biji-bijian kopi asli ditanam di dataran tinggi. Kopi belum dikenal oleh bangsa-bangsa lain. Setelah Arab, yang terkenal sebagai bangsa yang kuat di lini perdagangan, menjamah Ethiopia, biji kopi pun mulai di pasarkan secara luas di negara-negara lain. Kopi akhirnya jadi minuman populer di semua benua.

2. Kamu tahu tidak, kenapa kopi Sidikalang, Sumut terkenal? Soalnya daerah itu jadi salah satu lokasi pertama ditanamnya biji kopi di Indonesia.

Pada masa kolonial Belanda, tepatnya masa tanam paksa atau cultuurstelsel, biji kopi arabika dari Yaman didatangkan untuk ditanam di Indonesia. Sidikalang, Dairi, Sumatra Utara adalah salah satu daerah yang menjadi tempat pertama kali ditanamnya kopi di Indonesia, selain di Jakarta, Bogor dan Mandailing. Itulah kenapa kopi Sidikalang jadi populer. Umurnya kopinya memang sudah ratusan tahun. Karena itu, Sidikalang turut masuk dalam catatan sajarah penting perkembangan kopi di Tanah Air.

3. Wow, kopi termahal di dunia asalnya dari kotoran binatang dan adanya di Indonesia.

Pernah dengar kopi luwak? Kopi itu asalnya dari kotoran luwak yang gemar makan biji kopi. Dalam catatan kopi dunia, kopi luwak di Indonesia diketahui jadi kopi dengan harga jual paling mahal. Harganya bisa sampai 2 juta rupiah per 500 gram. Pantas saja bule rela datang ke Indonesia hanya untuk mencicipi kopi luwak yang rasanya autentik.

4. Kedai kopi tertua di Indonesia sudah melewati lima generasi.

Satu dari sekian kedai kopi yang tercatat paling tua di Indonesia ternyata sudah melewati lima generasi penerus. Namanya kedai kopi Liaw Tek Soen, yang sekarang sudah berubah nama menjadi Koffie Warung Tinggi. Kedai ini punya cabang di mal premium di Ibu Kota yakni di Grand Indonesia. Awalnya, kedai yang buka pada 1878 tersebut berlokasi di Jalan Hayam Wuruk.

5. Raja Inggris pernah parno dengan warung kopi dan akhirnya melarang kedai-kedai kopi di sana untuk beroperasi.

Raja Charles II memang disebut-sebut pernah parno dengan kedai kopi yang dibuka di negaranya. Sebab, menurut dia, orang-orang yang berkumpul di kedai kopi akan bersekongkol untuk menyusun pergerakan melawan pemerintahannya. Kejadian ini berlangsung sekitar tahun 1675.

6. Ternyata, kopi instan pertama kali muncul pada awal tahun 1900-an.

Kabarnya, George Constant Louis Washington, pengusaha Amerika berdarah Inggris-Belgia, adalah pembuat kopi instan pertama. Kopi itu mulai dibuat pada awal tahun 1900 dan dipasarkan 1909 di Amerika.

7. Citarasa asli kopi bakal ‘rusak’ jika kamu tuang sesendok gula saja ke cangkirmu.

Penikmat kopi sejati tidak akan minum kopi dengan gula. Sebab, jika ditambah gula, citarasa asli kopi akan tersamar. Lagian, minum kopi dengan gula juga berefek buruk bagi tubuh karena akan mempengaruhi metabolisme. Sesekali gak apa-apa, tapi jangan sering-sering.

8. Nikmatnya kopi bakal terasa maksimal setelah empat menit didiamkan pasca-diseduh.

Diamkan kopi sekurang-kurangnya empat menit, jangan diaduk, dan biarkan ampasnya mengendap. Setelah itu, nikmati pelan-pelan. Keautentikan kopinya akan terasa lebih nikmat.

9. Minum kopi jam 8-9 pagi bisa bikin tubuh kecanduan.

Ahli syaraf di Uniformed Services University of the Health Sciences di Bethesda, Steven Miller, mengemukakan, minum kafein, termasuk kopi, sebaiknya dilakukan setelah pukul 09.00 pagi. Mengapa?

Karena, menurut penelitian, hormon kortisol yang ada dalam tubuh sewaktu pagi akan meningkat, terutama pada pukul 08.00-09.00 pagi. Bila tubuh mengonsumsi kafein saat hormon kortisol tinggi, hal itu hanya akan membuat tubuh kecanduan. Kalau tidak mengkonsumsi kopi sehari saja, pikiran pun rasanya stres.

10. Kopi ternyata bermanfaat untuk diet.

Pernah dengar kalau kopi ternyata turut berperan untuk meluruhkan lemak dalam tubuh? Nah, ternyata, kopi baik dikonsumsi orang yang sedang menjalankan program diet. Namun catatannya, tidak boleh diberi tambahan gula dan tak dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan.

Lalu, kenapa sih kopi dapat menurunkan berat badan? Kopi itu mengandung kafein dan kafein yang terkandung di dalamnya membantu tubuh meningkatkan proses metabolisme. Alhasil, kalori yang dibakar setelah tubuh mengkonsumsi kopi akan lebih banyak.

0 komentar:

Posting Komentar