Home » , , » Tak Ada Kebun Kopi, Ambon Punya Kopi Khas dan Nikmat

Tak Ada Kebun Kopi, Ambon Punya Kopi Khas dan Nikmat

Tak Ada Kebun Kopi, Ambon Punya Kopi Khas dan Nikmat, Yamada Kopi
Tak Ada Kebun Kopi, Ambon Punya Kopi Khas dan Nikmat, Yamada Kopi

Tak Ada Kebun Kopi, Ambon Punya Kopi Khas dan Nikmat

Minuman kopi memang sangat dikenal dan disukai di Indonesia. Bahkan dapat dibilang kopi menjadi salah satu identitas bangsa, apalagi kopi Indonesia banyak dikenal di dunia internasional. Keberagaman kopi yang dimiliki Indonesia mulai dari Sabang sampai Merauke membuatnya dikenal sebagai salah satu negara penghasil kopi terbesar dan terbaik di dunia.

Tiap daerah punya keunikan tersendiri dari segi cita rasa hingga cara penyajian kopi. Salah satu daerah yang mungkin belum banyak diketahui mempunyai kopi yang unik dan nikmat adalah Maluku. Kalau biasanya kopi hanya diracik dengan air dan gula, di beberapa daerah kopi diracik dengan bahan-bahan lain.

Seperti dilansir dari Good News From Indonesia (GNFI), di Maluku ada satu racikan kopi yang khas yaitu kopi Rarobang. Hal ini termasuk mengejutkan karena kopi yang sudah dikenal di mancanegara ini muncul dari Maluku yang tidak mempunyai hasil perkebunan kopi. Meskipun wilayahnya bukan penghasil kopi, tetapi tradisi minum kopi sudah jadi bagian dari kehidupan masyarakat Ambon.

Berbeda dengan kopi yang biasanya berasa pahit, Rarobang adalah kopi yang dipadu dengan jahe dan campuran rempah-rempah khas Ambon. Bahannya terdiri dari kenari sangrai, taburan jahe, gula pasir, daun pandan, kayu manis dan cengkeh kemudian diberi taburan kacang kenari sangrai.  Rarobang dapat dibuat dengan menggunakan kopi jenis arabica yang tumbuh subur di wilayah Indonesia.

Seperti rasa khas kopi tradisional Arab, rasa paduan rempah-rempah dalam racikan kopi tersebut begitu terasa. Selain itu taburan kacang kenari yang sangrai menambah rasa pahit, gurih dan sedap pada kopi. Tidak ada resep khusus untuk membuat kopi ini karena rempah mudah di dapat.

Cara mengolah kopi ini cukup sederhana, pertama-tama dengan menyiapkan air matang, kopi bubuk, jahe, cengkih, kayumanis, sereh, daun pandan dan gula pasir. Bahan-bahan seperti kopi bubuk, jahe, cengkih, kayumanis, daun pandan dan gula pasir dicampur dan dimasak dalam air mendidih. Setelah itu angkat rebusan dan saring airnya.

Untuk langkah terakhir, taburkan kacang kenari yang sudah disangrai diatasnya. Boleh juga tambahkan susu kental manis kalau kamu menyukai kopi dengan campuran susu. Kopi Rarobang ini akan memberikan aroma yang khas dan kuat. Makanan pendamping khas Ambon berupa pulut siram, yaitu ketan yang diberi parutan kelapa dan disiram dengan sirop gula aren akan menambah kenikmatan saat minum kopi ini.

Menyeruput kopi Rarobang dapat menenangkan dan terasa hangat di tubuh sehingga cocok untuk memulihkan kondisi tubuh yang lelah.  Khasiat kesehatan juga didapat dari campuran rempah-rempah. Nah, kalau kamu datang ke Ambon atau ke tempat lainnya di Maluku jangan lupa mampir mencicipi Kopi Rarobang untuk menikmati sensasi ngopi yang berbeda.

0 komentar:

Posting Komentar