Home » , » Minum Kopi Berlebihan Berisiko Kematian Dini

Minum Kopi Berlebihan Berisiko Kematian Dini

Minum Kopi Berlebihan Berisiko Kematian Dini, Yamada Kopi
Minum Kopi Berlebihan Berisiko Kematian Dini, Yamada Kopi

Minum Kopi Berlebihan Berisiko Kematian Dini

Bagi pecinta kopi, belum lengkap rasanya pagi ini bila belum menyeruput hangat dan aroma kopi. Memang, dibalik manfaat bagi kesehatan, kebanyakan minum kopi juga berefek negatif.
Pakar kesehatan Maria Saleh menerangkan, minum kopi memang memiliki manfaat baik untuk kesehatan tubuh, antara lain meningkatkan stamina, merangsang sistem saraf pusat, meningkatkan gairah, dan menjaga tubuh dari polusi udara, asap kotor, serta paparan sinar ultraviolet.
Namun, bila kopi dikonsumsi secara berlebihan pastinya dapat mengakibatkan banyak efek samping yang berbahaya bagi kesehatan.

Hal ini dikarenakan kopi mengandung kafein yang tidak baik untuk organ tubuh bila dikonsumsi terlalu banyak. Selain itu, kopi juga mengandung cafesol dan kahweol. Kedua kandungan tersebut adalah bahan kimia yang dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh. Salah satu kopi yang mengandung bahan kimia tinggi karena tanpa disaring terlebih dahulu adalah kopi jenis espresso. Karena itu ada baiknya mengetahui bahaya atau dampak yang ditimbulkan karena mengonsumsi kopi terlalu berlebihan. Berikut beberapa efek yang terjadi bila terlalu banyak minum kopi:

Insomnia
Salah satu alasan kenapa orang suka minum kopi adalah supaya tetap terjaga dan tidak mudah mengantuk. Tetapi karena hal ini justru akan membuat seseorang menjadi susah tidur atau insomnia yang akan berdampak buruk bagi kesehatan.

Darah Tinggi
Menurut hasil studi dari Charalambos Vlachopoulos, MD, menyebutkan bahwa, kafein secara cepat meningkatkan kekakuan terhadap arteri besar pada orang dengan tekanan darah tinggi.
Kafein memang sangat cepat meningkatkan tekanan darah, bahkan untuk orang yang memiliki tekanan darah normal.

Gangguan Pencernaan
Kandungan kafein dalam kopi ternyata juga berpengaruh untuk kesehatan pencernaan.
Orang yang mempunyai kebiasaan mengonsumsi munuman yang berkafein memang akan loebih sering mengeluhkan perutnya sakit. Apalagi bila hal ini kamu lakukan saat keadaan perut masih keadaan kosong.

Menurunkan Kesuburan
Untuk wanita yang sudah menjadikan kopi sebagai minuman spesial, ada beberapa hal yang harus diketahui. Mengonsumsi kafein yang berlebihan dapat mempengaruhi kondisi alat reproduksi wanita, hal ini akan menyebabkan penyakit pada bagian organ dalam tubuh wanita yaitu tuba falopi dan endometrium. Dengan adanya penyakit tersebut akan menyebabkan ketidaksuburan pada wanita. Sehingga akan membuat wanita susah dalam mendapatkan keturunan.

Kolesterol Tinggi
Dengan minum kopi terlalu banyak dapat meningkatkan kolesterol jahat. Hal ini adalah akibat dari minyak yang disebut terpene yang biasa ada dalam kopi. Hasil penelitian menunjukkan, mengkonsumsi lima cangkir kopi setiap hari dapat berpotensi tinggi naiknya kadar kolesterol darah sebesar 6 - 8%.

Gangguan Jantung
Dampak selanjutnya yang ditimbulkan terlalu banyak minum kopi adalah gangguan pada jantung.
Biasanya gejala pertama yang ditimbulkan adalah jantung akan terasa berdebar-debar apabila terlalu banyak minum kopi. Hal ini karena kafein dapat mempengaruhi susunan saraf pusat pada otak.

Sakit Kepala
Efek lain yang dapat ditimbulkan karena terlalu banyak minum kopi adalah sakit kepala.
Hal ini dapat terjadi apabila seseorang mengonsumsi kopi lebih dari dua sampai tiga cangkir kopi dalam satu hari.

Diabetes Tipe 2
Terlalu banyak mengonsumsi kopi atau kafein dapat memicu naiknya gula darah dan juga tingkat insulin. Dalam satu gelas kopi mengandung 100 mg kafein yang cukup memberikan dampak buruk terhadap gula darah dalam tubuh. Sehingga hal ini berpotensi terjadinya penyakit diabetes tipe 2.

Kematian Dini
Bila dalam sehari seseorang mengonsumsi kopi lebih dari empat gelas, maka hal ini dapat berisiko tinggi terhadap kematian dini. Sebuah Klinik Mayo studi bermitra mendapati temuan, pria yang kebiasaan minum lebih dari empat cangkir kopi mengalami peningkatan 21% dalam semua penyebab kematian. Kalian yang mempunyai kebiasaan minum kopi dua sampai tiga cangkir kopi dalam sehari, mulai sekarang harus menguranginya. Ada baiknya mempertimbangkan dosis asupan kafein, yang dianjurkan yaitu 200-300 mg per hari. Bila memang ingin tetap sehat, hindari asupan kafein yang terlalu banyak. karena sesuatu yang berlebihan itu memang tidak baik untuk tubuh.

0 komentar:

Posting Komentar