Home » , » Tips Membuat Kopi

Tips Membuat Kopi

Tips Membuat Kopi, Yamada Kopi
Tips Membuat Kopi, Yamada Kopi

Tips Membuat Kopi

Tips membuat kopi yang anda temukan, tentunya ada beraneka ragam dengan resep membuat kopi yang mulai dari cara sederhana seperti kopi tubruk, hingga dengan menggunakan mesin espresso yang harganya puluhan juta. Namun, untuk menikmati kopi yang enak, apapun resep dan tips membuat kopi yang anda terapkan. Sebelum menerapkan resep membuat kopi, sebaiknya Kalian memperhatikan beberapa hal berikut untuk manghasilakan kopi nikmat.

Kenali jenis kopinya dan waktu menikmati kopi

Kalian perlu mengetahui jenis kopi apa yang Kalian minum dan ketahui pula kopi yang seperti apa yang cocok diminum pada pagi hari ataupun siang hari. Tips membuat kopi ala Bondan Winarno, pakar kuliner  mengatakan bahwa umumnya kopi-kopi jenis Robusta baik dinikmati pada pagi hari, sebab akan memberikan semangat pada peminumnya. Sedangkan kopi Arabica dapat dinikmati mulai siang hari hingga malam hari.

Kulaitas Kopi

Kualitas kopi tentunya juga menentukan enak atau tidaknya citarasa kopi tersebut. Sebagus-bagus tips membuat kopi yang anda terapkan bila tidak didukung dengan kualitas kopi yang top, tidak akan menghasilkan sajian kopi maksimal. Biasanya Kalian membeli kopi yang sudah dikemas, namun alangkah baiknya anda memilih sendiri biji kopi yang belum digiling. Lalu anda giling sendiri dan seduh.

Gunakan kopi yang fresh

Tips membuat kopi yang mesti Kalian catat bahwa kopi biasanya akan mulai kehilangan kualitasnya segera setelah ditumbuk dari biji kopi ke bubuk kopi. Cita rasa kopi terbaik adalah bila digiling langsung sebelum diseduh.

Giling sendiri kopi Kalian

Grinder kopi murah, seperti blender, sudah cukup untuk kelas rumahan. Gerai kopi premium biasanya menjual kopi dalam bentuk biji yang dapat Kalian giling sendiri. Namun bila Kalian tidak berniat langsung mengonsumsinya, sebaiknya tidak usah membeli biji kopi seperti ini. Cukup Kalian membeli bubuk kopi di gerai kopi dengan memperhatikan lama penyimpanan.

Simpan kopi dengan benar

Untuk menghasilkan kualitas aroma dan rasa kopi yang nikmat, perlu diperhatikan tip cara penyimpanannya kopi. Kalian jangan menyimpan terlalu lama kopi dalam bentuk bubuk karena penyimpanan kopi tersebut berlaku untuk biji kopi saja. Namun, untuk menyimpan kopi bubuk, ada tips nya yaitu keluarkan kopi dari kemasan lalu simpanlah ke dalam toples kaca yang memiliki penutup.

Lama waktu menyimpan kopi

Lama kesegaran kopi bubuk tidak akan sama dengan biji kopi, karena pada kopi bubuk ada lebih banyak permukaan butir kopi yang terekspose udara. Simpan kopi bubuk dalam wadah kedap udara di tempat kering dan gelap pada suhu kamar untuk sekitar dua minggu. Perlu diingat juga bahwa kopi gilingan hanya dapat tahan selama satu minggu, bila lebih kualitas rasa dan aromanya akan berkurang.

Seduh kopi dengan benar

Gunakan air dengan kualitas bagus untuk menyeduh kopi, hindari menggunakan air PAM. Suhu air untuk menyeduh kopi juga harus pas. Bila diseduh dengan air mendidih maka kopi akan terasa gosong. Karakter kopi itu sangat bergantung pada proses sangrai dan seduh, bila salah satunya keliru maka habis sudah kecantikannya.

0 komentar:

Posting Komentar