Home » , , » Minum Kopi Buatmu Ingin Buang Air Besar, Mengapa?

Minum Kopi Buatmu Ingin Buang Air Besar, Mengapa?

Minum Kopi Buatmu Ingin Buang Air Besar, Mengapa?, Yamada Kopi
Minum Kopi Buatmu Ingin Buang Air Besar, Mengapa?, Yamada Kopi
Minum Kopi Buatmu Ingin Buang Air Besar, Mengapa?

Bagi kebanyakan orang, minum kopi di pagi hari telah menjadi kebiasaan yang tidak dapat ditinggalkan. Lucunya, rutinitas minum kopi di pagi hari seringkali diikuti dengan hasrat untuk buang air besar (BAB).

Faktanya, efek kopi pada usus besar setara dengan mengonsumsi sekitar 1.000 kalori makanan. Yang harus diingat, reaksi tersebut tergantung dengan jenis kelamin seseorang. Wanita (53%) lebih rentan terhadap ini dibanding laki-laki (19%).

Melansir dari Todayifoundout, awalnya, kafein dalam kopi disebut-sebut sebagai penyebabnya. Namun demikian, mengapa peningkatan peristaltik pada usus yang menyebabkan hasrat ingin BAB tidak terjadi pada minuman berkafein lainnya?

Meski belum benar-benar terbukti, teori terbaru mengungkap dorongan untuk BAB setelah minum kopi adalah kombinasi dari beberapa mekanisme hormonal dan saraf. Beberapa belum diketahui, tetapi dua hormon di usus yaitu gastrin dan cholecystokinin terlibat di dalamnya Dua hormon tersebut mengeluarkan zat yang memiliki efek sama seperti pencahar.

Hal yang patut diingat, kopi relatif asam dengan pH antara 4,5 dan 6. Sementara lambung juga memproduksi asam yang membantu pencernaan lemak dan protein. Perut pun merespon produksi asam dengan memindahkan isinya lebih cepat ke dalam usus kecil Kalian.

Kadar asam yang meningkat akibat kopi ditambah asam yang dikeluarkan lambung, memicu pelepasan gastrin dan cholecystokinin yang merangsang gerakan peristaltik pada usus besar.

Usus pun memaksa tubuh untuk mengganti sisa makanan yang terdapat di rektum dengan penggantinya. Inilah yang membuat Kalian ingin BAB setelah minum kopi.

0 komentar:

Posting Komentar