Home » , , » Jangan Dibuang, Ini Fungsi Lain Ampas Kopi

Jangan Dibuang, Ini Fungsi Lain Ampas Kopi

Jangan Dibuang, Ini Fungsi Lain Ampas Kopi, Yamada Kopi
Jangan Dibuang, Ini Fungsi Lain Ampas Kopi, Yamada Kopi



Jangan Dibuang, Ini Fungsi Lain Ampas Kopi


Usai meminum kopi, kebanyakan orang akan membuang ampasnya. Namun ampas kopi itu punya kegunaan lain yang sangat bermanfaat bagi lingkungan.

Siapa sangka bila ampas kopi ini benar-benar dapat menjaga kebersihan dan kejernihan air dalam logam berat. Setidaknya hal itu dibuktikan di tangan Vania Kurniawan, di mana dia mengubah ampas kopi menjadi biosorben yang berfungsi dapat menyerap limbah logam berat timbal yang biasanya dihasilkan dari limbah cair yang dapat mencemari lingkungan.

Mahasiswa Jurusan Teknik Kimia Fakultas Teknik Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (FT UKWMS) itu mengatakan, bila logam berat tersebut masuk ke dalam tubuh manusia lewat air minum maka akan menjadi racun.

(Logam berat itu) memang dapat merusak organ-organ kita.

Putri ke dua dari pasangan Budi Cahayanya Kurniawan dan Sri Mulyani Dewi itu mengatakan, dalam penelitiannya ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh proses aktivasi dengan larutan asam klorida (HCl) terhadap karakteristik dan kemampuan adsorpsi biosorben dari ampas kopi.

Ternyata kandungan karbon 90% dalam kopi itu ampuh menyerap logam timbal yang biasanya dihasilkan dari limbah cair dari usaha rumahan reparasi aki dan juga lain-lainnya.

Mahasiswi di Surabaya Meneliti Manfaat Ampas Kopi Untuk Kebersihan Lingkungan.
Peraih IPK 3,97 itu memanfaatkan kopi sebagai bahan dasarnya. Namun sebelum digunakan untuk menyerap timbal, dirinya melakukan beberapa langkah dalam pengolahannya.

Langkah pertama kopi robusta itu dicuci dengan aquades hingga filtratnya jernih dan dikeringkan. Selanjutnya, ampas kopi dikarbonisasi dengan suhu suhu 400-600 derajat celcius selama 3 jam menggunakan tube furnace.

Lalu, karbon ampas kopi diaktivasi menggunakan larutan asam klorida dengan variasi konsentrasi selama 24 jam. Setelah itu pencucian ampas kopi kembali dilakukan pada biosorben yang telah diproses sedemikian rupa dengan aquades agar PH yang dihasilkan mencapai 5.

Dilakukan pengeringan kembali di dalam oven selama 3 jam. Biosorben dari ampas kopi yang sudah jadi tersebut dapat dimanfaatkan untuk menyerap berbagai jenis logam berat, salah satunya timbal.

Vania melakukan uji coba keampuhannya produk inovasi yang diciptakan terhadap air bekas pencucian aki dengan perbandingan rasio 1:10 antara limbah cair dengan absorbennya.

Saya melakukan ujicoba pada limbah cair perbandingan 30 mm limbah cair banding 3 gram, ternyata limbah cair yang mengandung timbal itu 90% jernih kembali sehingga aman untuk dibuang pada tanah ataupun saluran air yang berada di rumah kita, karena tidak akan mencemari lingkungan
.

0 komentar:

Posting Komentar